4,520 Posts

Video nuramira amir rasid
miraariana saja dengki diaaa....time2 dia main games org suh p byr...hahahah.....
#dengki
#biodiakalah
#crimecases
12h

» LOG IN to write comment.

» LOG IN to write comment.

basyarruddin Di Depan Senyum, Di Belakang Dengki, Siapa Tahu Mungkin Kawan Kita Sendiri . . Sifat Manusia Busuk Hati . . .

#Senyum #Dengki #Kawan #Busukhati
#salam4rakaat
17h

» LOG IN to write comment.

» LOG IN to write comment.

rendydenaputra Kami akan mengunggah foto kami seperti kalian wahai yang berpakaian hitam putih. #inginlulus #mausarjana #iri #dengki #meshmew #ge'enk #calonbos 2d

» LOG IN to write comment.

5d cuwaxx
Normal Hafiz Abd Halim
cuwaxx Sedangkan Lidah Lagi Tergigit , Inikan Pula Nasi Goreng . Caption Ntah Pape Besi Ouh Besi . #JforceHonda #Jforce #125zr #like4like #LiketoLike #instadaily #Vscocam #GileBesi #IkotAkuLa #HokOrang #EditBradong #BajetSmart #MemangSmart #Dengki #Pegimampos 5d

» LOG IN to write comment.

yanasaharuddin_ tak semua org suke kan kita kadang org sekeliling kita pon tak suke kan kitaa , lagi lgi yg rapat dgn kitaa to mne kita thu dpn baik belakangg lain citaa #kesahplakakuu #abaikan #dengki 5d

» LOG IN to write comment.

6d an_ibti
Normal Ibtisam Aulia Nst
an_ibti 6d

» LOG IN to write comment.

apeyazrul Bila lepak dengan awek orang cakap lupa kawan. Bila bercampur dengan kawan2,dipandang negative pula.cerita lama buang jauh2 bro.aku sepi sorang pun tak cari..semua orang ada kisah silam.. #bukanmenonjolkandiri #harihari #hanyasekadar #hiburkanhati #sendiri #jangan #panas #hati #dengki #kauakusama #yangmembezakan #adalah #amalankita #terimayer #pagimarleysia 6d
  •   raihanraimi manusia lain2 @apeyazrul kita buat apa pasti de org tak suka,de je x ngam...so,kita buat apa yg Allah suka 6d

» LOG IN to write comment.

thaqifghaffar BerLine Clear thank #Mate 7d

» LOG IN to write comment.

gelassopak satu je nak pesan.. jangan tunjuk yg kau bahagia.. orang keliling bukan suka.. penuh iri kat hati xtunjuk kat muka.. depan senyum, belakang mengata.. jenis setan bertopengkan manusia... tau tau je die jadi kafir percaya makhluk sejenis die lebih berkuasa... harapnya cukup la smpai sini cobaan kedua ke tah keberapa nk hancurkan kami.. last pesanan.. jgn kutip botol kosong yg bersepah kt tepi jln.. takut nampak kosong tp dalam "berisi".. mcm botol ni.. nhahahaha... sekian.. #jinbogel #sihir #takadaakal #punggungtakdeotakpontakde #redha #biartuhanyangbalas #sedih #dengki #khianat 7d

» LOG IN to write comment.

yunlovesanu #salafy #salaf #sunni #muslim #islam #sunnah #bahaya #hasad #dengki #iri #penyakithati #ignore
HATI ANDA MENDERITA KARENA HASAD

Oleh
Ustadz Nur Kholis bin Kurdian

BAHAYA HASAD
Hasad (dengki) merupakan penyakit hati yang berbahaya bagi manusia, karena penyakit ini menyerang hati si penderita dan meracuninya; membuat dia benci terhadap kenikmatan yang telah diperoleh oleh saudaranya, dan merasa senang jika kenikmatan tersebut musnah dari tangan saudaranya.

Pada hakikatnya, penyakit ini mengakibatkan si penderita tidak ridha dengan qadha’ dan qadar Allah Azza wa Jalla, sebagaimana perkataan Ibnul Qayyim rahimahullah : “Sesungguhnya hakikat hasad adalah bagian dari sikap menentang Allah Azza wa Jalla, karena ia (membuat si penderita) benci kepada nikmat Allah Azza wa Jalla atas hamba-Nya; padahal Allah Azza wa Jalla menginginkan nikmat tersebut untuknya. Hasad juga membuatnya senang dengan hilangnya nikmat tersebut dari saudaranya, padahal Allah k benci jika nikmat itu hilang dari saudaranya. Jadi, hasad itu hakikatnya menentang qadha’ dan qadar Allah Azza wa Jalla.”[1]

Penyakit ini sering dijumpai di antara sesame teman sejabatan, seprofesi, seperjuangan, atau sederajat. Oleh sebab itu, tak jarang dijumpai ada pegawai kantor yang hasad kepada teman sekantornya, tukang bakso hasad kepada tukang bakso lainnya, guru hasad kepada guru, orang ahli ibadah atau Ustadz atau kyai hasad kepada yang sederajat dengannya. Jarang dijumpai hasad tersebut pada orang yang beda kedudukan dan derajatnya, seperti tukang bakso hasad kepada kyai atau tukang becak hasad kepada Ustadz, meskipun tidak menafikan kemungkinan terjadinya.

Penyakit hasad hendaknya dijauhi oleh setiap Muslim, karena madharatnya sangat besar, terutama bagi si penderita baik madharat dari sisi agama maupun dunianya. Tidakkah kita ingat, kenapa Iblis dilaknat oleh Allah Azza wa Jalla?; tidak lain karena sikap hasad dan sombongnya kepada Adam Alaihissallam yang sama-sama makhluk Allah Azza wa Jalla.
7d

» LOG IN to write comment.