missjazzycat Cuma Gunung Prau yang bisa bikin sarung tangan saya posesif sampai jam 10 pagi.
__________
Only Mount Prau that could make my gloves linger to my hands until 10 AM.
__________
#mtprau #prau #exploredieng #negeridiatasawan #hikingtips #mountainesia #indonesiantraveler #indomountain #instapendaki #pendakiindonesia #pendakicantik #wanitapendaki #indonesia
20h

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Gunung Prau cukup terkenal dengan udara dinginnya. Suhu di dataran tinggi ini jarang sekali ada di atas 15 derajat Celcius, bahkan pada siang hari. Pada waktu musim kemarau, suhu malam hari di sini bisa mencapai dibawah 0 derajat Celcius. Di foto ini saya memakai 3 lapis baju (baju tidur lengan panjang, jaket polar bertudung, jaket dry-fit), 2 lapis celana (legging dan celana gunung), kaus kaki 2 lapis, sarung tangan kulit, buff untuk menutup telinga dan leher. Pakaian berlapis ini juga ikut ke dalam kantung tidur saya semalaman. Memang benar apa kata orang, kalau main ke Gunung Prau, harus bawa baju lebih.
__________
Mount Prau is pretty much famous for its cold air. Up here, the temperature is likely to be under 15 degree Celcius, even on the daylight. When in the dry season, the temperature at night may drop to subzero. I was wearing layered outfit: 3 layers for covering my upper body (cotton pajamas, hoddied polar jacket, dry-fit jacket), 2 layers for lower body (legging and hiking pants), double socks, leather gloves, and buff to keep my ears and neck warm. These outfits also kept me warm all night, inside my sleeping bag for sure.
__________
#prau #mtprau #exploredieng #pendakiindonesia #pendakicantik #id_pendaki #id_traveller #hikingtips #instagunung #instapendaki #parapendaki #travelinginstyle #mytripmyadventure #mtma #indonesiantraveler #mountainesia
2d

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Kapan terakhir kali kamu tidur di atas awan?
__________
When was your last time sleeping above the clouds?
__________
#mtprau #dieng #exploredieng #sindoro #sumbing #id_traveller #negeridiatasawan #id_pendaki #travelust #hiking #extremesport #travelingindonesia #clouds #camping #mountainesia #indomountain #instagunung
4d

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Selamat pagi! Selalu ingat, pemandangan indah seperti ini hanya bisa didapatkan dengan cara mengalahkan ego diri sendiri. Kamu harus berjuang bangun subuh, keluar dari tenda hangatmu, dan menunggu dengan tangan membeku sampai pemandangan indah itu tiba. Hal bagus tidak pernah datang dari zona nyaman. Jadi, sudah siap berjuang untuk hari ini? #nofilter
__________
Good morning! Always remember that a view like this can only be gained by conquering yourself. You need to fight your ego, wake up early in the morning, get out of your warm tent, and wait in the cold weather until it comes. Great things never come from comfortable zone. So, are you ready to face the day? #nofilter
__________
#mountainesia #pendakicantik #pendakiindonesia #mtprau #indonesiantraveler #exploredieng #goodmorning #mytripmyadventure #hikingphilosophy #hiking #indonesia #goldensunrise #sunrisehunting
7d

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Akhirnya saya mendapatkan jawaban dari "Ngapain sih kamu naik gunung? Kurang kerjaan banget, buangin waktu." Karena naik gunung mengajarkan saya untuk selalu berjuang melawan ego, tidak cepat menyerah, tidak malas, tidak manja, tahan banting, tahan emosi, sabar, tenang dalam saat kritis, bijaksana, dan selalu bersyukur dalam segala kondisi yang saya hadapi. Satu hal yang paling penting adalah naik gunung, mengajarkan saya untuk selalu menembus batas diri. Hal menempa mental seperti ini hanya bisa dialami ketika alam menguji lahir dan batinmu. Sayapun percaya apa kata orang, bahwa selalu ada yang berubah dari dirimu untuk setiap gunung yang sudah kau temui.
__________
Finally, I got the answer for "What is the essence of hiking? You are only wasting your time." It is because hiking teaches me how to fight my ego, persistence, hard working, endurance, how to keep calm during critical times, patience, wisdom, and how to always be grateful for what I have. The most important thing is that hiking teaches me how to push my limit. Things like this can only happen when nature hit your lowest point both mentally and physically. Then I believe what people say, that you will be changed, for every mountain you have met.
__________
#hikingphilosophy #mtprau #sindoro #exploredieng #summitattack #pendakicantik #pendakiindonesia #id_pendaki #id_traveller #mtma #instapendaki #jalanjalanjawa #parapendaki #parapejalan #instagunung #travelinginstyle #mytripmyadventure
1w

» LOG IN to write comment.

missjazzycat 31 Juli 2015. Puncak gunung ke 6, Gunung Prau 2.565 mdpl.
_________
July 31, 2015. The sixth summit, Mount Prau 2,565 masl.
_________
#mtprau #prau #exploredieng #id_pendaki #id_traveller #sindoro #sumbing #pendakiindonesia #pendakicantik #instagunung #instapendaki #parapendaki #indonesiantraveler #id_traveller #wonosobo #parapejalan
2w

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Sebenarnya, tidak banyak yang bisa dibanggakan dari Indonesia kecuali kalau kamu lempar apapun di atas tanah ini, semua tumbuh subur dari biji padi sampai biji durian. Kecuali kalau kamu lempar jaring di laut, paling yang nyangkut hanya berton-ton ikan dan udang segar yang tidak akan ada habisnya. Kecuali kalau kamu jalan-jalan berkeliling Indonesia, kamu hanya akan ketemu manusia-manusia unik dengan ratusan bahkan ribuan ragam budayanya. Kecuali kalau kamu suka main ke laut dan gunung, kamu hanya akan dapat pemandangan tanah surga yang tidak akan pernah habis untuk dijelajahi.
-
Indonesia ini kaya, kawan! Jangan pernah bangga mengaku sudah keliling dunia tapi akarmu sendiri kau lupakan dan budaya negerimu sendiri kau tak tahu. Ini bangsa dan negaramu yang masih punya daftar panjang untuk menjadi negara maju. Jadi berhentilah nyinyirin tempatmu hidup dan mati ini lalu mulailah membangun Indonesia supaya lebih baik lagi dengan aksi nyata. Semuanya dimulai dari diri sendiri. Foto ini khusus diambil di Bukit Teletubies, Gunung Prau 2.565 mdpl pada tanggal 31 Juli 2015 sebagai hadiah untuk negeriku tercinta. Satu lagi perjalanan yang membuka mata dan terus memperkuat keyakinan saya, bahwa saya bangga menjadi orang Indonesia! Dirgahayu Indonesiaku yang ke-70. Semoga Tuhan dan alam semesta selalu memberkahi negeri ini. Merdeka!
-
#dirgahayuri70th #pendakiindonesia #pendakicantik #indonesia #id_pendaki #id_traveler #mtprau #exploredieng #merdeka #merahputih #mountainesia #indomountain
2w

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Kamu tau dimana tempat ngopi tubruk paling enak dengan pemandangan spektakular? Kopi yang selalu dibagi dengan siapapun tanpa pandang umur, suku, bahasa, agama dan apa pekerjaanmu. Kopi yang cepat sekali menjadi dingin tapi kebersamaannya selalu hangat. Di sini tempatnya. Selamat hari Minggu, semuanya. Semoga akhir pekan panjangnya menyenangkan. Salam kangen dari Gunung Prau, Wonosobo. Ngopi dulu, Jon!
__________
Do you know where to have coffee with a spectacular view? Coffee that is always shared with anyone without seeing your age, tribe, language, religion and your job. Coffee that easily turns cold but the togetherness stays forever. Here. Happy Sunday, all. May your long weekend be great. Greetings from Mount Prau, Wonosobo. Shall we have coffee?
__________
#coffeeaddict #coffeephilosophy #mtprau #exploredieng #parapendaki #mountainesia #instagunung #parapejalan #id_pendaki #id_traveller #instapendaki #pendakicantik #pendakiindonesia #hikingphilosophy
2w

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Untuk mendapatkan salah satu pemandangan terbaik di Gunung Prau, kamu bisa pergi ke Bukit Teletubies. Dari sini bisa terlihat daftar tujuan saya selanjutnya yang salah satunya adalah Gunung Merbabu (gunung pertama dari kiri, 3.142 mdpl). Untuk pemburu matahari terbit, sang mentari biasa terbit mulai jam 5.15 pagi dan selesai sebelum pukul 6.00. Jadi, jangan malas bangun pagi dan keluar dari tenda hangatmu, ya! #nofilter
__________
To get one of the best views in Mount Prau, the Teletubies Hill is where you need to go. From here, you can see my next destination which one of them is Mount Merbabu (the first mount from the left, 3,142 masl). For sunrise hunters, the best time to get an awesome morning view is from 5.15 AM to 6 AM. So, rise and get out of your warm tent! #nofilter
__________
#mtprau #prau #sindoro #sumbing #merbabu #merapi #lawu #hikingtips #instapendaki #pendakiindonesia #id_pendaki #indonesiantraveler #instagunung #mytripmyadventure #mountainesia #jalanjalanjawa #sonyexpriam2aqua #instagunung #exploredieng #indomountain
3w

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Selalu ingat, kamu itu lebih kecil dari kecil. 5.52 pagi waktu itu. Saya sedang berdiri di Bukit Teletubies tiba-tiba seberkas cahaya muncul dari cakrawala. Sungguh romantis dan sentimental. #nofilter
__________
Always remember, that you are smaller than small. 5.52 AM. I was standing on Teletubies Hill when I saw the ray of light emerging from the horizon. Truly romantic and sentimental. #nofilter
__________
#negeridiatasawan #mtprau #prau #sunrisehunting #sunrise #romantic #id_pendaki #id_traveller #wonosobo #exploredieng #mountainesia #parapejalan #hikingphilosophy #indonesiajuara #indonesiantraveler #parapendaki #pendakiindonesia #instagunung #sonyxperiam4aqua
3w

» LOG IN to write comment.

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Masih edisi #nofilter Gunung Prau. Jam saya menunjukkan waktu pukul 5.30 pagi dan akhirnya saya percaya rumor yang sering dikatakan para pendaki "Dari Puncak Prau, pemandangan spektakuler menanti, pemandangan gunung di Jawa Tengah (kiri ke kanan: Gunung Lawu, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro)". Tak hentinya hati ini mengumandangkan "Tuhan Maha Besar" sementara sang Mentari mulai menampakkan wajahnya.
__________
Still #nofilter edition of Mount Prau. My watch hit the 5.30 AM and I finally believed the rumour made by fellow hikers "From the peak of Prau, a spectacular view awaits, a view of mountains in Central Java (left to right: Mount Lawu, Mount Merbabu, Mount Merapi, Mount Sumbing, and Mount Sindoro)". My mind looped "Lord Almighty" as the sun started to appear.
__________
#sunrisehunting #lawu #prau #merbabu #merapi #sindoro #sumbing #mountainesia #mtma #travelingindonesia #parapejalan #hikingphilosophy #instagunung #indonesiantraveler #lordalmighty #xperiam2aqua
3w

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Jam 4 pagi alarm handphone saya berbunyi. Sedikit takut karena tenda saya bergoyang kencang tertiup angin sementara ketiga teman saya masih terlelap di samping saya. Bagaimanapun, saya berhasil memaksakan diri keluar tenda. Jam Casio penunjuk suhu menunjukkan 10 derajat Celcius. Jam 5.11 pagi, ketika sang Mentari mulai menampakkan wajahnya di tepian cakrawala. Waktu itu langit mulai berubah menjadi seperti pelangi. Saya hanya bisa diam, menikmati udara dingin, dan terus berdecak kagum "Tuhan, Engkau Maha Besar!". #nofilter
__________
My phone alarm rang at 4 AM. I was a bit scary because the wind blew my tent pretty hard. My other three friends were still sleeping safe and sound. However, I managed to get out of the tent. The Casio watch showed it was 10 Celcius degree. It was at 5.11, when the sun started its day above the horizon. The sky turned like a rainbow. I was petrified, tried to enjoy the cold air, and kept saying "Lord, You are Almighty!". #nofilter
__________
#sunrisehunting #rainbow #lordalmighty #allahmahabesar #mtprau #hiking #sunrise #travelingindonesia #jejakpejalan #parapejalan #indonesiantraveler #mountainesia #skyporn #exploredieng
4w

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Beberapa teman nanjak saya tau betul kalau penyakit takut ketinggian dan takut jatuh saya cukup parah. Gejalanya diawali dengan jantung berdebar, gemetar, haus, dan panik. Buat saya, ini bagian paling bikin stress dari trek Gunung Prau karena tanah merahnya kering dan sangat mengganggu pernafasan ketika berterbangan. Belum lagi waktu itu kabut datang dan mulai gerimis. Beberapa kali saya kehilangan konsentrasi dan cemas akan jatuh. Kalau sudah begini, saya hanya bisa jalan merayap berpegangan pada akar dan batang pohon. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek takut ketinggian ini diantaranya mengurangi konsumsi kafein dan latihan menenangkan di ketinggian. Percaya deh, buat saya itu gak pernah mudah.
__________
Some of my traveling mates know that I have severe acrophobia and fear of falling. The symptoms include pounding heart, body shaking, thristy, and panic attack. For me, this was the most stressful point of climbing Mount Prau because the dirt becomes dry and airborne. It was pretty much disturbing my respiratory system. Not mentioning the sudden fog and it started to drizzle a little bit. So many times I lost my concentration and was afraid of falling down. All I could do were hanging onto the roots and tree branches. There are things that you can do to make you feel better. Those are limit your caffeine intake and practice to be calm when on certain altitude. Trust me, it has never been easy for me.
__________
#hikingtips #id_pendaki #mtprau #dieng #exploredieng #mountainesia #jalanjalanjawa #acrophobia #travelingindonesia #wonosobo #instagunung #pendakiindonesia #jejakpejalan #pendakicantik
4w

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Trek Gunung Prau hanya ada 2 macam yaitu 10% jalan bebatuan dan 90% tanah merah. Untuk pendaki yang sudah pernah ke Gunung Papandayan, bisa dibilang trek ini mirip dengan Tanjakan Mamang, hanya saja jauh lebih panjang dan lebih bikin capek.
__________
There are only two kinds of treks of Mount Prau, 10% pebble path and 90% dirt path. For climbers who have been to Mount Papandayan, this trek is similar to Tanjakan Mamang, but this one is longer and more tiring.
__________
#mtprau #prau #instagunung #mountainesia #pendakicantik #pendakiindonesia #id_pendaki #id_traveller #journesia #parapejalan #instanusantara #indonesiantraveler #exploredieng #diengculturefestival
4w

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Jam 11 siang teman kami Iwan, akhirnya datang juga. Kamipun melakukan persiapan dan pendakian dimulai tepat jam 12 siang. Lokasi ini ada di ketinggian sekitar 2.200 mdpl, menuju Pos 2. Di atas telunjuk saya adalah Telaga Warna, tempat upacara pelarungan rambut gembel. Vegetasi sampai poin ini masih didominasi oleh pohon besar sejenis jati dan pinus. 5 hal yang wajib dimiliki pendaki ketika melakukan pendakian di musim kemarau: kacamata, topi, sarung tangan untuk melindungi tangan dari kerikil dan bebatuan kering, buff atau masker untuk melindungi sistem pernafasan dari debu mikro, dan jaket dry fit untuk menyerap keringat sekaligus melindungi badan dari panas terik matahari.
__________
11.00 AM and our traveling mate, Iwan, finally arrived. We prepared and started the hiking trip exactly at 12.00 noon. I was at around 2,200 masl, reaching Pos 2. Right above my pointing finger is Telaga Warna, where the gembel hair is thrown away. The vegetation is dominated by tall trees similar to teak and pine. 5 must-have-items for hiking during dry season: sunglasses, hat or cap, gloves to protect your hands from gravel and pebbles, buff or mask to protect your respiratory system from micro dust, and dry fit jacket to absorb sweat as well to protect body from the heat.
__________
#hikingtips #telagawarna #exploredieng #mtprau #extremesport #mountainesia #journesia #parapejalan #jalanjalanjawa #id_pendaki #pendakiindonesia #pendakicantik #instagunung #wildernessbabes #wanitapendaki
4w

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Seperti biasanya, saya selalu menghabiskan waktu perjalanan dengan tidur supaya energi tercukupi dan dapat mengeksplor banyak di tempat tujuan. Senang rasanya ketika bangun tidur, terpampang besar di depan mata saya tulisan "Selamat datang di Kawasan Dieng Plateau". Bapak supir mini bus super ramah yang membawa kami dari Terminal Bus Wonosobo menuju Desa Patak Banteng berbaik hati mau berhenti sebentar dan membiarkan kami berselfie ria sepuasnya. Dari sini jaket udah mulai ga mau lepas dari badan. Selamat datang di Negeri di Atas Awan dan disinilah semuanya dimulai.
__________
As usual, I spend my time sleeping when on the way to the meeting point. Adequate sleep is important for me so that I can explore more at the destination place. I was so happy when I woke up and saw the "Welcome to Dieng Plateau Area" written on the entrance gate. The super friendly mini bus driver who took us from Wonosobo bus station to Patak Banteng village was so kind. He stopped the bus to allow us to take selfie pics as many as we wished. From this point, your jacket will be clingy to your body. Welcome to The Land above the Clouds and this was where everything started.
__________
#pendakiindonesia #mountainesia #id_pendaki #journesia #dcf2015 #jalanjalanjawa #pendakicantik #indonesiantraveler #instagunung #mytripmyadventure #mtma #exploredieng #negeridiatasawan #hiking #travelingmate
4w

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Base Camp Dieng Plateau. Persiapan nanjak standar para pendaki biasanya registrasi di base camp, cek perlengkapan dan peralatan nanjak, mandi, makan, dan update status di media sosial. Agenda kami kali ini adalah nanjak Gunung Prau, nanjak Bukit Ratapan, menikmati Telaga Warna dan Kawah Sikidang, berburu matahari terbit di Bukit Sikunir, dan mengenal budaya Dieng lebih jauh lagi. Kloter Bandung pergi dengan P.O. Budiman atau Sinar Jaya jurusan Bandung-Wonosobo. Berangkat dua kali sehari dari terminal Cicaheum Bandung dan tiba di terminal Mendolo Wonosobo.
__________
Standardized hiking prep are hiking registration at the base camp, hiking equipment and tool check, taking a bath, eating a lot, and updating status on social media. Our agenda this time are hiking Mount Prau, hiking Ratapan Hill, enjoying Telaga Warna and Sikidang Crater, sunrise hunting at Sikunir Hill, and knowing more about Dieng Culture. From Bandung you can take P.O. Budiman or Sinar Jaya route Bandung-Wonosobo. The bus departs twice a day from Cicaheum Bandung station and arrives at Mendolo Wonosobo station.
__________
#pendakiindonesia #id_pendaki #dcf2015 #diengculturefestival2015 #basecamp #travelingmate #jejakpejalan #indomountain #mountainesia #hikingtips #basecamp #travelerid
1mon

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Cuaca cerah nih, masa kamu masih di rumah aja? Buat yang mau nanjak, harus siapin jaket polar. Jangan salah, justru kalau cuaca cerah, udara di malam hari menuju subuh itu lebih dingin daripada di musim hujan. Sampai ketemu minggu depan di Dieng Culture Festival, ya! Semoga menjadi akhir pekanmu menyenangkan.
_________
It is summer time!!! Time for you to go outside. Prepare your polar jacket because the night on top of the mountain is usually colder in summer. See you at the Dieng Culture Festival next week! Have a nice weekend!
_________
#summer #sunnyday #papandayan #indonesiantraveler #mountainesia #indomountain #hikingtips #travelingindonesia #exploregarut #flirtingwithnature #id_pendaki #catatan_pendaki #pendakicantik #pendakiindonesia
1mon

» LOG IN to write comment.

missjazzycat Buat yang berencana nanjak Gunung Papandayan, ada baiknya untuk tidak melewati Kawah Papandayan lebih dari jam 4 sore. Hal ini dikarenakan adanya angin yang berbalik arah menuju jalur pendakian, membawa asap belerang yang berpotensi menyebabkan sesak nafas dan pingsan. Foto ini diambil di pagi hari ketika angin masih berhembus pelan.
__________
For those who are planning to hike Mount Papandayan, the best time to pass through Papandayan Crater is no later than 4 PM. The wind usually blows to the trekking path, potentially brings toxicated sulfur smoke. This can cause breathing problems and knock you out. This picture was taken in the morning, when the wind blew slowly.
__________
#hikingtips #papandayan #indonesiajuara #exploregunung #mountainesia #indomountain #jejakpejalan #indotraveller #travelingmate #instagunung #id_pendaki #catatan_pendaki
1mon

» LOG IN to write comment.