akhmadamal Siapa bilang susah cari yang haram di #Semarang?

Datang saja ke kawasan Pecinan Semarang atau yang dikenal dengan Waroeng #Semawis pada malam hari. Makanan haram bagi kaum Muslim seperti nasi babi goreng hingga sate babi dijual di sana.

Haram bukan berarti terlarang untuk didatangi. Sebab, banyak kuliner halal khas Semarang di sana seperti Jamu Jun.

Bukan cuma makanan. Ada juga yang menawarkan jasa pijat tradisional ala Tiongkok serta layanan supranatural.

Datang ke sini, siapkan perut kosong dan dompet tebal ya.

#Parkatrip
#exploresemarang
#exploreindonesia
2w

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Kalau bukan tanpa mereka ini, perjalanan #Parkatrip di #Semarang kemarin tidak akan menarik untuk dibagi.

@idha_umamah orang pertama yang mengubah semua rencanaku. Kedatangannya yang mendadak, menyebabkan aku bertemu dengan Mbah Ngarip yang telah kuceritakan sebelumnya.

Kemudian Mbak Nik, karenanya kami tahu ke mana harus menjelajah dengan menggunakan transportasi umum.
Aku pun seperti CLBK saat bertemu kembali dengan @sahal_albab, dia adalah teman seperjalanan sewaktu ke #Semeru sekitar dua tahun lalu.
Yang paling HITS, @chamidulula dan @faruqidwn, teman baru yang ternyata adalah pegiat komunitas @exploresemarang. Kita masih punya hutang meetup ya! :D

Terakhir dan paling fenomenal, Mas Adi dan Mas Reno. Tanpa mereka berdua, kami tidak akan pernah sampai tahu Jembatan Merah di Hutan Tinjomoyo. Bahkan, mungkin kita tak akan pernah masuk hutan kalau bukan jasa mengantar mereka.

#Parkatrip
#exploresemarang
#exploreindonesia
2w

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Aku semakin yakin ini benar. Semakin lambat kita bergerak, semakin banyak pengalaman yang kita dapatkan.

26 tahun aku mengenal #Semarang tetapi baru kali ini aku merasakan kearifannya. Dan itu kudapatkan setelah di luar rencana, mesti berkeliling kota pakai transportasi umum.

Mbah Ngarib (mungkin nama aslinya Arif) adalah salah satu kearifan lokal yang kutemui. Beliau seperti Batman di malam hari.

Selepas isya, tidak ada lagi angkot yang beroperasi di bagian barat Semarang. Mbah Ngarib adalah satu-satunya supir plat hitam yang secara "sukarela" beroperasi hingga pagi hari.

Dua malam berturut-turut aku bertemu beliau, tapi obrolan kami lebih dari sekedar supir-penumpang. Sebab, ternyata kami memiliki irisan pertemanan yang sama.

Sayang, aku tidak memiliki fotonya dan obrolan kami hanya sepanjang jalan Penggaron-RRI.
#Parkatrip
#exploresemarang
#exploreindonesia
2w

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Seperti iman, rasa nasionalisme seseorang bisa naik-turun.

Hari ini, bangkitkan!
3w

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Cara terbaik menikmati Kota Lama #Semarang adalah dengan berjalan kaki. Terlebih jika dilakukan di malam hari.

Kalau berburu barang antik atau kulineran di sekitar Gereja Blenduk membosankan untukmu, cobalah menuju Jalan Merak, Stasiun Tawang.

Mobil kijang kotak putih bertuliskan PURWACENG adalah targetmu.

#Parkatrip
#exploresemarang
#exploreindonesia
3w

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Hormatku pada siapapun yang mengusulkan papan jalan ini untuk pertama kali.

Papan jalan ini menunjukkan bahwa #Semarang pada awalnya dibentuk sebagai kota religius.

Mengapa religius? Sebab kebersihan adalah sebagian iman.
Bagi orang beriman, aturan Tuhan dan negara patutlah dilaksanakan dengan semestinya.
Namun, tampaknya #Semarang kini berubah sehingga mesti menambah papan jalan kedua di belakangnya.

#Parkatrip
#exploresemarang
#exploreindonesia
3w

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Ada yang lebih unik ketimbang Lawang Sewu dan Sam Poo Kong di #Semarang, yaitu kedua penjual nasi liwet ini.

Bukan masakan yang enak atau unik, melainkan bagaimana para penjual ini berdagang.

Iya, mereka berdua penjual yang berbeda namun menjual makanan yang sama. "Kok bisa?" Itu juga pertanyaan yang tiba-tiba terpikirkan sekaligus membuatku sadar.
Ternyata, pikiranku sudah dipengaruhi kehidupan kota yang penuh kompetisi.

#Parkatrip
#exploresemarang
#exploreindonesia
3w

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Apa sih wujud bahagia?

Sederhana. Bisa melihat pesawat terbang landas sudah cukup bikin bahagia.

Lihat saja warga #Semarang ini. Mereka sabar menunggu pesawat lewat dari kejauhan.

Cukup bayar 2 ribu rupiah per orang, pesawat komersil sampai helikopter tempur bisa dilihat langsung.

Sepele? Itulah bahagia.

#Parkatrip
#exploresemarang
#exploreindonesia
3w

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Pertama kalinya ke Jogja, aku langsung jatuh cinta dan ketagihan untuk kembali ke sana.
Bahkan, sekarang terpikir untuk menetap di sana bersama @giepelangi setelah kami dinikahkan Desember nanti.

Aku pikir alasan utamanya bukan cuma budaya Jawanya dan tenang suasananya, melainkan pertemanannya.

Bowo, teman semasa SMA yang telah menetap di Jogja, ditambah @andikaawan dan @do.minatrix adalah daya tarik utama kota gudeg tersebut.

Alasan lainnya yaitu Pantai Kukup di foto itu. Pantai sempit dan ramai pengunjung tersebut sekilas mirip dengan Tanah Lot di #Bali. Yang paling kusuka darinya adalah aku bisa mengamati orang-orang dari atas bukit.

#Parkatrip
#explorejogja
#exploreindonesia
#magic_summer
1mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Dari semua traveling yang kulakukan, hanya satu yang selalu kurayakan di setiap tanggal satu, yaitu perjalananku dengan @giepelangi.

Happy 546 days of love @giepelangi.

#Parkatrip
#explorelombok
#exploreindonesia
1mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Why do you climb a mountain?
For me, it because we may have a real conversation without social media distraction.

Have a great weekend!

#Parkatrip
#exploremalang
#exploreindonesia
1mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Jauh sebelum film 5 cm dibuat, Ranu Kumbolo, salah satu danau tertinggi Indonesia, masih sepi dari pendaki.

Kini, Ranu Kumbolo yang berada di kaki #Semeru, gunung tertinggi di tanah Jawa terlihat seperti taman kota.

2012 di bulan September, untuk pertama kalinya aku mendaki Semeru bersama dua temanku. Kurang dari 5 tenda yang terlihat ikut bermalam di Ranu Kumbolo.

Bukan seperti sekarang, yang mungkin kita tidak akan kebagian tempat jika tiba terlalu malam di danau.

#Parkatrip
#exploremalang
#exploreindonesia
#magic_summer
1mon
  •   masjuliii Yah, Mal.. Ga 3 minggu juga hahahaha mesti resign dulu kayanya gua kalo 3 minggu mah :)) 1mon
  •   akhmadamal @masjuliii hahah sekali-kali. 1mon
  •   mdevyderia September hujan ga? Paling bagus bulan berapa? Thank youuu 1mon
  •   akhmadamal @mdevyderia itu sudah di penghujung musim kemarau sih tapi masih oke untuk pendakian. Paling bagus saat bunga di Oro-Oro Ombo mekar, yaitu skitr bulan April-Juni. Coba googling saja nama itu :) 1mon
  •   mdevyderia Ok. Thank you infonya 🏼 1mon
  •   akhmadamal @mdevyderia sure. Ditunggu foto kerennya 🏼🏼🏼 1mon
  •   alyshanaidu lovely gallery! 1mon
  •   akhmadamal @alyshanaidu waaw thank you! You also have an amazing photos 🏼 1mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Semua orang berharap hal ini saat ke #Kiluan tapi tak semua melihatnya.

Aku termasuk yang beruntung, bersama dengan @plainjnae dan @atri_septiani bisa melihat lumba-lumba sedekat ini.

Setidaknya lebih dari 10 perahu berputar-putar di satu area yang dipercaya dihuni makhluk cerdas ini.
Namun, kemunculannya tidak bisa diprediksi. Beberapa asumsi mengatakan lumba-lumba sering muncul di pagi hari dan menyukai buih air hasil putaran rotor mesin kapal.

Semoga lain waktu, @giepelangi juga bisa melihat lumba-lumba yang sama di Teluk Kiluan, #Lampung

#explorelampung

#Parkatrip #travel

#exploreindonesia #liveauthentic #journesia #mainsebentar #indonesiajuara #neverstopexploring #flirtingwithnature #ayodolan #natureaddict #livefolkindonesia #igmasters #ikece #indotravellers #huntgram #thisisindonesia
1mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Tergolong danau tertinggi di Indonesia, Segara Anak menyimpan arti yang tak semua orang tahu.

Orang #Lombok bilang, Segara Anak artinya Anak Laut. Tak heran diberi nama begitu karena warna kebiruan danau memang seperti air laut.

Bukan danau yang jadi daya tarik para pendaki, melainkan kolam air panas yang berada di bawah air terjun air dingin. Lokasi kolam tidak jauh dari danau.

Sayangnya, aku dan @giepelangi belum sempat mencoba kolam tersebut. Padahal, ada yang bilang air panasnya mampu memyembuhkan berbagai penyakit. -- Gambar ini adalah salah satu adegan di dalam video #Parkatrip terbaru.
Dapatkan inspirasi traveling dari video tersebut melalui link di bio.

#explorelombok
#Rinjani #mountain
#exploreindonesia
#magic_summer
1mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Yeay! Cerita #Parkatrip melakukan #explorelombok dan #Rinjani bisa dinikmati melalui video 2 menit.

Lihat keseluruhan videonya melalui link yang ada di Bio.
2mon

» LOG IN to write comment.

3mon akhmadamal
Normal Amal Agung Cahyadi
akhmadamal Ada satu pantai di #Bali yang berbeda dengan pantai wisata lainnya, namanya Pantai Kelan.

Lokasinya persis di sebelah selatan Bandara Internasional Ngurah Rai. Lalu lintas pesawat yang terbang dan mendarat terlihat jelas dari pantai tersebut.
Walaupun bersebelahan dengan Pantai Jimbaran yang terkenal dengan restoran seafood-nya, Pantai Kelan jarang dikunjungi wisatawan.

Pantai Kelan adalah pantai nelayan. Di pesisirnya, terdapat pasar tradisional dan pasar ikan yang hanya buka sejak sore hingga pagi hari.
Seperti fungsinya, banyak perahu nelayan bersandar dan bau amis menyebar ke mana-mana. Tidak heran jika Pantai Kelan tidak menjadi pusat wisata bagi mayoritas wisatawan.

Namun, ada satu hal yang hanya bisa dinikmati di Pantai Kelan yaitu keramahan asli warga #Bali.
Kita bebas duduk di gazebo sederhana milik nelayan sembari menunggu sunset tanpa harus membeli sesuatu. Tawa, canda dan obrolan yang tulus dari para nelayan bisa kita dapatkan secara cuma-cuma.

Bermain di Pantai Kelan membuatku melihat wajah asli #Bali di balik topeng pariwisatanya.
3mon

» LOG IN to write comment.

3mon akhmadamal
Video Amal Agung Cahyadi
akhmadamal Perjalanan kemarin membuatku merenung sesuatu hal.

Buat apa orang #Jakarta pergi liburan ke #Bali dan menghabiskan banyak uang di sana? Padahal kita bisa juga foya-foya di #Jakarta.

Memang sih hal tersebut berdampak positif karena kita menjadi konsumtif sehingga menggerakkan roda ekonomi Bali.

Tapi, apakah roda yang kita gerakkan adalah roda yang tepat?

Sepertinya, yang menikmati lebih banyak efek ekonomi dari traveling ini adalah para pemilik modal.

Hal lainnya, aku baru sadar bahwa traveling menjadi mahal saat kita menjadi subjek konsumsi.

Kalau bisa hidup berhari-hari di Jakata hanya dengan beberapa lembar rupiah maka harusnya kita juga bisa hidup di Bali dengan modal yang sama.

Asalkan, kita bukan menjadi budak konsumsi industri travel melainkan bagian dari produksinya

Selamat kerja! Selamat berproduksi!
3mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Aku pikir semuanya menjadi biasa saja setelah kami meninggalkan Danau Segara Anak menuju Desa Senaru.

Setelah menyusuri pinggir danau, bukit cukup curam harus kami lewati selama sekitar satu jam. Di puncak bukit, tanah cukup datar dengan batu-batu berukuran raksasa memberi kami napas sebelum melewati tanjakan curam kedua.

Di puncak berbatu tersebut kami melihat pemandangan ini. Cuma ada satu hal yang ada di pikiranku saat itu, "Aku harus ke sini lagi". Semakin tinggi kami lewati tanjakan kedua, semakin indah pemandangan yang terlihat. Sayang, kabut awan bergerak cepat menutupi pemandangan, seakan sedang bermain "ci luk baa" kepada kami.

Sekitar 5 jam kami mendaki mengitari lereng Rinjani menuju Plawangan Senaru untuk kemudian turun ke Desa Senaru.
Matahari ada persis di depan mata kami memamerkan silaunya setibanya kami di Plawangan Senaru sekitar pukul 3 sore. Banyak pendaki asing duduk menikmati saat-saat matahari tenggelam.

Jalan berpasir kami lewati pada malam hari menuju pos 3 Senaru, di mana kami bertemu dengan porter yang ada di cerita ke-5 sebelumnya.

Keesokan harinya, sekitar pukul 4 sore kami tiba di Desa Senaru. Setelah beristirahat menikmati pisang goreng "emak" di warungnya yang terkenal, kami lekas beranjak ke penginapan di Pelabuhan Bangsal.

Setelah 4 hari 3 malam, perjalanan kami di #Rinjani berakhir tetapi kami masih punya waktu 2 hari untuk melakukan #explorelombok. --
Ini adalah cerita ke-12 dan merupakan cerita terakhir kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
3mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Kalian tahu rahasiaku saat traveling di cerita ke-9. Kali ini akan kujelaskan mengapa aku bersusah payah mendaki #Rinjani.

Semua karena @giepelangi. Dia memang tidak pernah meminta mendaki gunung. Bahkan rencana kami sebelumnya adalah melakukan road trip keliling #Lombok.

Aku mengajaknya mendaki Rinjani untuk membuktikan bahwa kami telah siap. Rinjani bagaikan mesin simulasi kehidupan, di mana segala hal baik, buruk dan segala resiko dunia ada di sana.

Apakah kami siap menerima segala keburukan di dunia?
Apakah kami siap untuk bekerja sama mencari solusi?
Apakah kami siap membagi kebahagiaan berdua?

The longer we are being together, the less we realize to know each other.

Bukan! Itu tidak menunjukkan sifat pesimisku. Itu adalah ekspresi optimisku bahwa kami butuh lebih banyak waktu bersama dari sebelumnya.

Karena hubungan sehat manusia adalah saat saling memberi kebaikan sehingga setiap pribadi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana bisa saling mengoreksi jika kita tidak pernah paham bagaimana karakter seseorang sebenarnya? Sangat tidak logis jika kita memberi solusi tanpa tahu masalahnya.

Itulah yang sedang aku lakukan; mengidentifikasi hal yang seharusnya dapat membuat kami lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan ini. --
Ini adalah cerita ke-11 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
3mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Sering aku merasa sendirian di Jakarta, tapi tidak sama sekali selama di #Rinjani, seperti yang telah aku tulis di cerita ke-8 sebelumnya.

Setiap orang yang kami temui selama pendakian begitu baik dan ramah hingga sempat aku berpikir, "manusia terbaik adalah mereka yang mendaki gunung". Namun aku sadar, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Selalu ada sisi negatif di setiap tempat yang aku kunjungi, termasuk Rinjani yang selalu kubanggakan di cerita-cerita sebelumnya.

Sekitar seminggu sebelum kami berangkat ke #Lombok, terdengar kabar bahwa terjadi pencurian di Plawangan Sembalun. Pencuri tersebut beraksi saat para pendaki melakukan pendakian ke puncak dan meninggalkan sebagian peralatan di dalam tenda.
Pencurian tersebut kembali terjadi tepat sehari sebelum kami mencapai Plawangan Sembalun. Salah satu teman yang kami temui saat perjalanan turun, menjadi saksi mata korban kejahatan tersebut.
Ada beberapa asumsi muncul untuk menjelaskan mengapa kejahatan tersebut dilakukan. Namun, demi melindungi diri sendiri, bukan itu yang mesti khawatirkan.
Sering kali kita dan aku sendiri tidak sadar dengan perilaku kita selama traveling. Seperti yang kutulis di cerita ke-9 kami, setiap tempat memiliki hal unik sehingga tak pantas untuk disamakan begitu saja.

Sudah menjadi kewajiban bagi kita, yang mengaku traveler untuk menjaga perilaku dan menghormati aturan di setiap tempat. Dengan begitu, kita lebih terlindungi dari niat jahat di manapun kita berada. --
Ini adalah cerita ke-10 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
3mon

» LOG IN to write comment.