akhmadamal Jauh sebelum film 5 cm dibuat, Ranu Kumbolo, salah satu danau tertinggi Indonesia, masih sepi dari pendaki.

Kini, Ranu Kumbolo yang berada di kaki #Semeru, gunung tertinggi di tanah Jawa terlihat seperti taman kota.

2012 di bulan September, untuk pertama kalinya aku mendaki Semeru bersama dua temanku. Kurang dari 5 tenda yang terlihat ikut bermalam di Ranu Kumbolo.

Bukan seperti sekarang, yang mungkin kita tidak akan kebagian tempat jika tiba terlalu malam di danau.

#Parkatrip
#exploremalang
#exploreindonesia
2d
  •   masjuliii Yah, Mal.. Ga 3 minggu juga hahahaha mesti resign dulu kayanya gua kalo 3 minggu mah :)) 1d
  •   akhmadamal @masjuliii hahah sekali-kali. 1d
  •   mdevyderia September hujan ga? Paling bagus bulan berapa? Thank youuu 1d
  •   akhmadamal @mdevyderia itu sudah di penghujung musim kemarau sih tapi masih oke untuk pendakian. Paling bagus saat bunga di Oro-Oro Ombo mekar, yaitu skitr bulan April-Juni. Coba googling saja nama itu :) 1d
  •   mdevyderia Ok. Thank you infonya 🏼 1d
  •   akhmadamal @mdevyderia sure. Ditunggu foto kerennya 🏼🏼🏼 1d
  •   alyshanaidu lovely gallery! 1d
  •   akhmadamal @alyshanaidu waaw thank you! You also have an amazing photos 🏼 1d

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Semua orang berharap hal ini saat ke #Kiluan tapi tak semua melihatnya.

Aku termasuk yang beruntung, bersama dengan @plainjnae dan @atri_septiani bisa melihat lumba-lumba sedekat ini.

Setidaknya lebih dari 10 perahu berputar-putar di satu area yang dipercaya dihuni makhluk cerdas ini.
Namun, kemunculannya tidak bisa diprediksi. Beberapa asumsi mengatakan lumba-lumba sering muncul di pagi hari dan menyukai buih air hasil putaran rotor mesin kapal.

Semoga lain waktu, @giepelangi juga bisa melihat lumba-lumba yang sama di Teluk Kiluan, #Lampung

#explorelampung

#Parkatrip #travel

#exploreindonesia #liveauthentic #journesia #mainsebentar #indonesiajuara #neverstopexploring #flirtingwithnature #ayodolan #natureaddict #livefolkindonesia #igmasters #ikece #indotravellers #huntgram #thisisindonesia
3d

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Tergolong danau tertinggi di Indonesia, Segara Anak menyimpan arti yang tak semua orang tahu.

Orang #Lombok bilang, Segara Anak artinya Anak Laut. Tak heran diberi nama begitu karena warna kebiruan danau memang seperti air laut.

Bukan danau yang jadi daya tarik para pendaki, melainkan kolam air panas yang berada di bawah air terjun air dingin. Lokasi kolam tidak jauh dari danau.

Sayangnya, aku dan @giepelangi belum sempat mencoba kolam tersebut. Padahal, ada yang bilang air panasnya mampu memyembuhkan berbagai penyakit. -- Gambar ini adalah salah satu adegan di dalam video #Parkatrip terbaru.
Dapatkan inspirasi traveling dari video tersebut melalui link di bio.

#explorelombok
#Rinjani #mountain
#exploreindonesia
4d
  •   akhmadamal @hadisasongko91 waah ada apa tuh sampai ndak bisa ke danau? 1d
  •   hadisasongko91 Karena waktunya bos. Perbekalan sudah menipis jadi harus turun sembalun lagi. Boleh minta izin ambil foto ini buat saya share ulang. Makasih sebelumnya. 1d
  •   akhmadamal @hadisasongko91 hmm begitu, berarti itu tandanya mesti ke rinjani lagi. Okaay, ndak masalah selama kasih credit ke saya ya 1d
  •   hadisasongko91 Terima kasih banget...iyalah...hasil karya orang tdk boleh di comot begitu saja harus izin tq. Soalnya aku mau perlihatkan foto ini keteman2 supaya mau balik ke rinjani dan tahu betapa cantiknya danau segara anak. 1d
  •   akhmadamal @hadisasongko91 hehehe siaap! Makasih ya :) 1d
  •   hadisasongko91 Makasih banget ya mas semoga kelak bisa hiking barengamin 1d
  •   akhmadamal @hadisasongko91 boleh boleh jika ada kesempatan kita hiking ke rinjani :D 24h
  •   hadisasongko91 Amin....insya Allah saya agendakan lagi ke rinjani. Tapi bukan puncak tujuan saya...cukup ke danau saja. 21h

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Yeay! Cerita #Parkatrip melakukan #explorelombok dan #Rinjani bisa dinikmati melalui video 2 menit.

Lihat keseluruhan videonya melalui link yang ada di Bio.
1mon

» LOG IN to write comment.

2mon akhmadamal
Normal Amal Agung Cahyadi
akhmadamal Ada satu pantai di #Bali yang berbeda dengan pantai wisata lainnya, namanya Pantai Kelan.

Lokasinya persis di sebelah selatan Bandara Internasional Ngurah Rai. Lalu lintas pesawat yang terbang dan mendarat terlihat jelas dari pantai tersebut.
Walaupun bersebelahan dengan Pantai Jimbaran yang terkenal dengan restoran seafood-nya, Pantai Kelan jarang dikunjungi wisatawan.

Pantai Kelan adalah pantai nelayan. Di pesisirnya, terdapat pasar tradisional dan pasar ikan yang hanya buka sejak sore hingga pagi hari.
Seperti fungsinya, banyak perahu nelayan bersandar dan bau amis menyebar ke mana-mana. Tidak heran jika Pantai Kelan tidak menjadi pusat wisata bagi mayoritas wisatawan.

Namun, ada satu hal yang hanya bisa dinikmati di Pantai Kelan yaitu keramahan asli warga #Bali.
Kita bebas duduk di gazebo sederhana milik nelayan sembari menunggu sunset tanpa harus membeli sesuatu. Tawa, canda dan obrolan yang tulus dari para nelayan bisa kita dapatkan secara cuma-cuma.

Bermain di Pantai Kelan membuatku melihat wajah asli #Bali di balik topeng pariwisatanya.
2mon

» LOG IN to write comment.

2mon akhmadamal
Video Amal Agung Cahyadi
akhmadamal Perjalanan kemarin membuatku merenung sesuatu hal.

Buat apa orang #Jakarta pergi liburan ke #Bali dan menghabiskan banyak uang di sana? Padahal kita bisa juga foya-foya di #Jakarta.

Memang sih hal tersebut berdampak positif karena kita menjadi konsumtif sehingga menggerakkan roda ekonomi Bali.

Tapi, apakah roda yang kita gerakkan adalah roda yang tepat?

Sepertinya, yang menikmati lebih banyak efek ekonomi dari traveling ini adalah para pemilik modal.

Hal lainnya, aku baru sadar bahwa traveling menjadi mahal saat kita menjadi subjek konsumsi.

Kalau bisa hidup berhari-hari di Jakata hanya dengan beberapa lembar rupiah maka harusnya kita juga bisa hidup di Bali dengan modal yang sama.

Asalkan, kita bukan menjadi budak konsumsi industri travel melainkan bagian dari produksinya

Selamat kerja! Selamat berproduksi!
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Aku pikir semuanya menjadi biasa saja setelah kami meninggalkan Danau Segara Anak menuju Desa Senaru.

Setelah menyusuri pinggir danau, bukit cukup curam harus kami lewati selama sekitar satu jam. Di puncak bukit, tanah cukup datar dengan batu-batu berukuran raksasa memberi kami napas sebelum melewati tanjakan curam kedua.

Di puncak berbatu tersebut kami melihat pemandangan ini. Cuma ada satu hal yang ada di pikiranku saat itu, "Aku harus ke sini lagi". Semakin tinggi kami lewati tanjakan kedua, semakin indah pemandangan yang terlihat. Sayang, kabut awan bergerak cepat menutupi pemandangan, seakan sedang bermain "ci luk baa" kepada kami.

Sekitar 5 jam kami mendaki mengitari lereng Rinjani menuju Plawangan Senaru untuk kemudian turun ke Desa Senaru.
Matahari ada persis di depan mata kami memamerkan silaunya setibanya kami di Plawangan Senaru sekitar pukul 3 sore. Banyak pendaki asing duduk menikmati saat-saat matahari tenggelam.

Jalan berpasir kami lewati pada malam hari menuju pos 3 Senaru, di mana kami bertemu dengan porter yang ada di cerita ke-5 sebelumnya.

Keesokan harinya, sekitar pukul 4 sore kami tiba di Desa Senaru. Setelah beristirahat menikmati pisang goreng "emak" di warungnya yang terkenal, kami lekas beranjak ke penginapan di Pelabuhan Bangsal.

Setelah 4 hari 3 malam, perjalanan kami di #Rinjani berakhir tetapi kami masih punya waktu 2 hari untuk melakukan #explorelombok. --
Ini adalah cerita ke-12 dan merupakan cerita terakhir kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Kalian tahu rahasiaku saat traveling di cerita ke-9. Kali ini akan kujelaskan mengapa aku bersusah payah mendaki #Rinjani.

Semua karena @giepelangi. Dia memang tidak pernah meminta mendaki gunung. Bahkan rencana kami sebelumnya adalah melakukan road trip keliling #Lombok.

Aku mengajaknya mendaki Rinjani untuk membuktikan bahwa kami telah siap. Rinjani bagaikan mesin simulasi kehidupan, di mana segala hal baik, buruk dan segala resiko dunia ada di sana.

Apakah kami siap menerima segala keburukan di dunia?
Apakah kami siap untuk bekerja sama mencari solusi?
Apakah kami siap membagi kebahagiaan berdua?

The longer we are being together, the less we realize to know each other.

Bukan! Itu tidak menunjukkan sifat pesimisku. Itu adalah ekspresi optimisku bahwa kami butuh lebih banyak waktu bersama dari sebelumnya.

Karena hubungan sehat manusia adalah saat saling memberi kebaikan sehingga setiap pribadi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana bisa saling mengoreksi jika kita tidak pernah paham bagaimana karakter seseorang sebenarnya? Sangat tidak logis jika kita memberi solusi tanpa tahu masalahnya.

Itulah yang sedang aku lakukan; mengidentifikasi hal yang seharusnya dapat membuat kami lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan ini. --
Ini adalah cerita ke-11 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Sering aku merasa sendirian di Jakarta, tapi tidak sama sekali selama di #Rinjani, seperti yang telah aku tulis di cerita ke-8 sebelumnya.

Setiap orang yang kami temui selama pendakian begitu baik dan ramah hingga sempat aku berpikir, "manusia terbaik adalah mereka yang mendaki gunung". Namun aku sadar, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Selalu ada sisi negatif di setiap tempat yang aku kunjungi, termasuk Rinjani yang selalu kubanggakan di cerita-cerita sebelumnya.

Sekitar seminggu sebelum kami berangkat ke #Lombok, terdengar kabar bahwa terjadi pencurian di Plawangan Sembalun. Pencuri tersebut beraksi saat para pendaki melakukan pendakian ke puncak dan meninggalkan sebagian peralatan di dalam tenda.
Pencurian tersebut kembali terjadi tepat sehari sebelum kami mencapai Plawangan Sembalun. Salah satu teman yang kami temui saat perjalanan turun, menjadi saksi mata korban kejahatan tersebut.
Ada beberapa asumsi muncul untuk menjelaskan mengapa kejahatan tersebut dilakukan. Namun, demi melindungi diri sendiri, bukan itu yang mesti khawatirkan.
Sering kali kita dan aku sendiri tidak sadar dengan perilaku kita selama traveling. Seperti yang kutulis di cerita ke-9 kami, setiap tempat memiliki hal unik sehingga tak pantas untuk disamakan begitu saja.

Sudah menjadi kewajiban bagi kita, yang mengaku traveler untuk menjaga perilaku dan menghormati aturan di setiap tempat. Dengan begitu, kita lebih terlindungi dari niat jahat di manapun kita berada. --
Ini adalah cerita ke-10 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Aku akan mengakui sesuatu lewat tulisan ini.

Selalu ada tujuan tertentu setiap kali aku traveling ke suatu tempat. Mungkin bagi sebagian besar orang, traveling adalah cara mereka menghilangkan penat akibat rutinitas. Buatku, traveling adalah caraku tetap berkarya seperti yang kumau.
Memotret dan menulis adalah dua pekerjaan yang sedang kuminati saat ini. Cara untuk tetap produktif pada kedua bidang tersebut, adalah dengan melakukan perjalanan.

Apa tujuanmu traveling?

Selama tidak merusak diri sendiri, orang lain dan lingkungan, kalian bebas menentukan tujuannya. Sayangnya, beberapa orang melakukan traveling hanya untuk kesenangan pribadi. Apakah kalian tergolong orang seperti itu?

Sangat mudah mengenali orang golongan tersebut. Salah satu caranya dengan melihat perilakunya selama traveling. Contohnya, menganggap setiap tempat seperti tempat asalnya.

Mengapa kita harus bersikap berbeda di setiap tempat?
Karena setiap tempat memiliki budaya dan aturan tak tertulis yang berbeda-beda. Misalnya, cara berbicara (logat) dan cara berpakaian. Menyamakan perilaku seperti budaya setempat, artinya menghormatinya.

Selalu ada cara yang lebih halus dan sopan untuk menolak atau menyampaikan pendapat, itu menurutku. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk bersikap arogan dan tidak hormat pada sesuatu yang bertentangan dengan prinsip kita.

Semoga kita bukan termasuk golongan orang seperti itu sehingga merusak keindahan #Rinjani seperti ini. -- Ini adalah cerita ke-9 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal #Gede dan #Dieng sudah kudaki, tapi #Rinjani ini berbeda. Maksudnya terdapat perasaan berbeda yang muncul selama pendakian.
Aku merasa lebih dekat dengan para pendaki yang lain walaupun tidak saling kenal. Aku merasa sangat aman selama di Rinjani walaupun kondisi jalurnya berbahaya.

Setiap kali berpapasan dengan pendaki lainnya, seperti terdapat kesamaan yang erat sehingga aku merasa mereka adalah teman atau keluarga.

Masih ingat Pak Uri di cerita ke-2 kami? Sejak bertemu beliau, aku sudah merasakan hal ini.
Mengapa di Rinjani ini aku merasa berbeda?

Mungkin karena jalurnya yang panjang sehingga para pendaki punya lebih banyak kesempatan berkomunikasi dengan pendaki lain.
Aku yakin pada dasarnya setiap manusia (pendaki) di setiap gunung dan tempat lainnya adalah sama. Mereka sangat terbuka dan pamrih membantu.

Bahkan untuk seorang porter yang mendaki karena dibayar, mereka pamrih dalam membantu. Tidak percaya? Baca cerita ke-5 kami sebelumnya.

Jika sebagian lain ke Rijani karena keindahannya, aku ingin kembali ke sana juga karena keramahannya. -- Ini adalah cerita ke-8 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Dengan menyesal kami harus lakukan, turun dari Plawangan Sembalun dan berpisah dengan Om Erik. Karena beliau masih harus menunggu tamunya yang belum turun dari puncak #Rinjani.

Setidaknya 4 jam waktu dibutuhkan untuk ke Danau Segara Anak. Perjalanan diawali dengan melewati tangga berbatu sempit sehingga harus bergantian saat berpapasan dengan pendaki dari bawah.

Kabut tebal menemani kami selama perjalanan turun. Sesekali kami bisa mengintip pemandangan yang luar biasa indahnya di antara kabut yang lewat.

Syahroni, seorang mahasiswa asal Banten yang juga turun menuju danau, menemani kami di 30 menit sebelum tiba ke danau. Ternyata dirinya berangkat bersama rombongan lain sekitar 30 orang.

Sekitar pukul 5 sore kami tiba di danau dan hampir setiap sudut telah dipenuhi tenda. Bahkan beberapa telah di-booking oleh para porter untuk tamunya yang belum tiba.

Aku sempat khawatir tidak bisa mendirikan tenda. Tempat yang tersisa hanyalah bekas galian WC sedangkan hari semakin gelap dan aku harus segera ambil keputusan.

Kami beruntung, Syahroni yang tahu kondisi kami, langsung menyisakan tempat di sebelahnya untuk kami.
Malam itu, kami menginap bersama rombongan Syahroni yang sebagian besar menggunakan kaos bertuliskan "Moslem Adventurer". --
Ini adalah cerita ke-7 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Orang terkuat sekalipun tidak akan berhasil menaklukkan Rinjani, bila dia tidak mampu mengendalikan ego dan emosi.

Om Erik yang senior pun sepakat. Menurutnya, semua orang merasakan lelah, hal yang membedakannya adalah keinginannya untuk terus melanjutkan pendakian. "Lelah hanya ada di pikiran kita", itu kalimat yang selalu kuucapkan ke @giepelangi untuk menyemangatinya.

12 jam lebih kami lewati dengan mendaki dari titik awal di Desa Sembalun ke Plawangan Sembalun. Namun, itu bukan tempat terakhir karena kita harus lewati sekitar 4 jam mendaki tanah berpasir menuju titik tertinggi Gunung #Rinjani.

Sejak awal pendakian, aku dan @giepelangi memang tidak tertarik mencapai puncak. Apalagi setelah melihat kondisi kami yang baru tiba di Plawangan Sembalun sekitar pukul 21:00 WIT.

Tidak ada yang kami sesali karena tidak memuncak, sebab begitu membuka pintu tenda, luasnya Danau Segara Anak yang dikelilingi puncak-puncak Rinjani sontak menghangatkan jiwaku yang menggigil oleh dinginnya pagi.

Tiba-tiba aku lupa ingatan atas kelelahan yang kulalui di hari sebelumnya. Itu semua karena keindahan Rinjani.

Tentu, suatu saat aku akan kembali padamu, Rinjani. -- Ini adalah cerita ke-6 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Semua berbeda setelah ada Om Erik.

Selalu ada cerita menarik untuk disampaikan di sela-sela suara musik yang keluar dari MP3 player di belakang tas beliau. Selera musiknya tergolong up-to-date untuk pria separuh baya.

Om Erik yang tertua tetapi bukan beliau yang menjadi pokok ceritaku kali ini.

Selalu ada kelompok pendaki ini di antara orang lokal dan bule-bule asing yang mendaki #Rinjani. Hampir setiap orang "hormat" dan memberi jalan kepada kelompok ini.
Mereka hanya orang biasa yang dibayar untuk membawakan perlengkapan dan logistik pendakian. Hanya butuh 200 ribu rupiah per hari jika ingin menggunakan jasanya sebagai porter.
Banyak di antara porter hanya mengenakan sandal jepit dan celana pendek selama pendakian. Melihatnya membuatku berpikir, aku sudah berlebihan dengan tas, sepatu dan perlengkapan naik gunung yang kupakai.

Walau memikul beban berat yang mungkin mencapai 20kg, mereka tetap ramah membalas sapaan pendaki lainnya. Bahkan, beberapa porter muda sesekali bernyanyi dan melawak dengan porter lainnya.

Kami kekurangan air setelah bermalam di pos 3 Senaru. Pagi itu, kami menemukan mata air yang harusnya dialiri air, ternyata kering kerontang.
Seorang porter yang tahu keadaan kami, mengajakku mengambil air di mata air lainnya. Tampaknya hanya kelompok porter yang tahu keberadaannya mata air tersebut.

Tanpa sepengetahuanku, porter tersebut yang lebih dahulu meninggalkan mata air, ternyata memberikan sebagian air yang dia ambil ke pada @giepelangi. Entah apa maksudnya, beliau melakukannya tanpa pamrih.

Berkat bantuan porter tersebut, kami memiliki bekal minum untuk melanjutkan pendakian.
Ini adalah cerita ke-5 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Kalian boleh percaya, boleh tidak.

Katanya, Gunung #Rinjani berbeda dengan lainnya. Mulai dari tingkat kesulitan hingga hal mistis di dalamnya sehingga tidak cocok untuk pendaki pemula.

Gunung Rinjani memang tidak sama dengan lainnya. Hampir setiap karakteristik gunung-gunung di Indonesia seperti hutan lebat, tebing berbatu, tanah berpasir hingga padang rumput, semua ada di Rinjani. Tapi pendapatku berbeda soal cocok atau tidak untuk pemula.

Ini pertama kalinya @giepelangi mendaki gunung tanpa porter. Sebelumnya kami pernah mendaki Gunung Prau tapi bersama porter. Itu membuktikkan, Rinjani bisa dilewati untuk pemula sekalipun.

Kami baru berjalan sekitar 15 menit dari pos 2 menuju pos 3, tiba-tiba @giepelangi terlihat pucat dan kelelahan. Padahal kami baru saja makan dan istirahat cukup lama. Aku mengira gejala darah rendahnya muncul, dan ternyata memang benar.

Setelah melanjutkan pendakian, di sinilah kami bertemu dengan pria separuh baya. Beliau mengenakan ikat kepala berupa anyaman semacam kain emas seperti yang dikenakan masyarakat Bali.

Erik namanya. Teman-temannya memanggilnya dengan sebutan "om". Orang yang sangat kami secara mental selama pendakian.

Ini adalah cerita ke-4 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Mendengar namanya saja sudah cukup bikin tak semangat.

Katanya, sebelum ke puncak, untuk mencapai pos terakhir #Rinjani kita harus lewati bukit yang disebut "7 Bukit Penyesalan". Ada yang bilang jumlahnya memang 7 bukit, pendapat lain bilang kalau itu hanya kiasan yang berarti bukitnya tidak habis-habis. "Ini bukan bukit penyesalan, tapi bukit PHP", kata pendaki lain. "Hahaha", dalam hati aku tertawa karena dia betul.

Jika berangkat dari Sembalun, banyak sekali bukit yang begitu sampai di puncaknya, kamu akan melihat bukit lainnya dan berulang terus hingga mencapai pos terakhir "Plawangan Sembalun". Itu tidak seberapa, jika dibanding berangkat dari Senaru. Kamu hanya akan menemukan satu tanjakan terus-menerus.

Ada tiga jalur pendakian Rinjani. Yang terkenal adalah jalur Sembalun dan Senaru. Aku menyarankan berangkat lewat Sembalun karena pemandangannya yang indah.

Tidak perlu motivasi tambahan saat mendaki dari Sembalun karena puncak Gunung Rinjani terlihat jelas selama kita melewati padang rumput yang luas.

Mungkin kamu akan selalu minta rombonganmu berhenti tapi bukan karena kelelahan. Melainkan kamu tak tahan untuk mengabadikan indahnya pemandangan di sana. -- Ini adalah cerita ke-3 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Entah harus bagaimana lagi kalau tidak ketemu mereka di hari pertama mendaki Gunung #Rinjani.

Kami bertemu dengan mereka yang sejak awal berangkat dengan pesawat yang sama dari Jakarta.

Setibanya di Bandara Internasional Lombok, aku langsung bertanya tujuan mereka malam itu. Mereka telah menyewa dua mobil yang ternyata sudah tidak cukup menampung aku dan @giepelangi.

Ah~ Untung ada Pak Uri, beliau adalah supir yang mengatur antar-jemput tamu di Lombok. Kami diberikan tarif spesial untuk diantar Desa Sembalun, pintu pertama pendakian. Berkat beliau, kami tidak terlantar di bandara walaupun harus menunggu tamunya yang lain sekitar 2 jam.

Sekitar tengah malam tiba di Sembalun dan kami kembali terlantar akibat tidak kebagian kamar tidur. Kami putuskan untuk tidur bersarung sleeping bag di bawah rumah panggung bertingkat dikelilingi pepohonan.

Malam pertama di #Lombok kami lalui bersama alam. -- Ini adalah cerita ke-2 kami, #parkatrip, melakukan #explorelombok.
#rinjani #mountain #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

akhmadamal Hanya ada dua tempat seperti ini di Indonesia.

Pertama, di Jawa Timur, tepatnya di Danau Ranu Kumbolo yang terletak di kaki Gunung Semeru.

Kedua, di Lombok, yaitu Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anak yang memukau.

Perjalanan di #rinjani ini lebih ekstrim dibanding kisah terakhirku dan @giepelangi saat keliling Jawa Timur. (Baca kisahnya di parkatrip.com)

Tak sekedar mendaki gunung api tertinggi ke-2 di Indonesia, tapi juga menambah teman dan pengalaman. Itulah mengapa kami berangkat tanpa porter, tanpa pemandu dan hanya berbekal informasi.

Setiap hari, selama sekitar 15 hari, aku akan menceritakan kisah kami selama empat hari di #rinjani melalui gambar.

Selamat menikmati.

#parkatrip #mountain #explorelombok #exploreindonesia
2mon

» LOG IN to write comment.

3mon akhmadamal
Normal Amal Agung Cahyadi
akhmadamal Kita main bareng yuk.

Karena bulan Mei besok, aku akan berada di Lombok.

#lombok #lomboksetil #lomboksetilexb #explorelombok #instameet
3mon

» LOG IN to write comment.